Search here

26 Sep 2017

Tujuan Pengembangan KTSP

Secara umum tujuan diterapkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah SD Negeri Cikumpa, Kota Depok  adalah untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah khususnya SD Negeri Cikumpa  untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum. KTSP SD Negeri Cikumpa , Kota Depok , sesuai dengan otonominya memberikan kesempatan kepada sekolah untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan kurikulum. Dengan demikian, kurikulum yang dikembangkan di SD Negeri Cikumpa   akan menjadi lebih bermakna untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berguna dalam mengembangkan potensi daerahnya.


     Secara khusus tujuan diterapkannya KTSPSD Negeri Cikumpa, Kota Depok  adalah untuk:

1.        Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia. Kemandirian setiap sekolah dalam menggali dan memanfaatkan potensi dan sumber daya akan menentukan kualitas SD Negeri Cikumpa, Kota Depok sebagai kurikulum operasional memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan daerah dan sesuai dengan karakteristik sekolah. Untuk itulah sekolah dituntut melakukan inisiatif dalam menggali secara mandiri berbagai potensi dan sumber daya untuk mendukung program sekolah termasuk kurikulum yang dikembangkannya. Dengan demikian, setiap komponen sekolah baik kepala sekolah maupun guru-guru dituntut untuk lebih aktif dan kreatif melakukan berbagai upaya agar semua kebutuhan sekolah terpenuhi.

2.        Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama KTSP SD Negeri Cikumpa, Kota Depok, sebagai kurikulum operasional, KTSP menuntut keterlibatan masyarakat secara penuh, sebab tanggung jawab pengembangan kurikulum tidak lagi berada di pemerintah, akan tetapi di sekolah sedangkan sekolah akan berkembang manakala ada keteribatan masyarakat.

3.        Meningkatkan kompetisi yang sehat antar satuan pendidikan tentang kualitas pendidikan yang akan dicapai. Sekolah, dengan KTSP SD Negeri Cikumpa, Kota Depok, sebagai pengambil keputusan tentang pengembangan dan implementasi kurikulum. Melalui KTSP SD Negeri Cikumpa, Kota Depok  diharapkan akan pencapaian kualitas pendidikan.


          Berdasarkan tujuan di atas, KTSP SD Negeri Cikumpa, Kota Depok dapat dipandang sebagai suatu pola pendekatan dalam pengembangan kurikulum pada konteks otonomi daerah yang sedang digulirkan dewasa ini. Oleh karena itu, KTSP SD Negeri Cikumpa, Kota Depok  perlu diterapkan, terutama berkaitan dengan tujuan yang mengacu kepada relevansi kebutuhan sebagai berikut.:

1.        Sekolah SD Negeri Cikumpa  lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah sehingga dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya yang tersedia untuk memajukan lembaga.

2.        Sekolah lebih mengetahui kebutuhan lembaganya, khususnya input pendidikan yang akan dikembangkan dan didayagunakan dalam proses pendidikan sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik.

3.        Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh sekolah lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan sekolah karena pihak sekolah mengetahui apa yang terbaik bagi sekolahnya

4.        Keterlibatan semua warga sekolah dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum menciptakan transparasi dan demokrasi yang sehat, serta lebih efisien dan efektif bilamana dikontrol oleh masyarakat setempat.

5.        Sekolah dapat bertanggung jawab tentang mutu pendidikan masing-masing kepada pemerintah, orang tua, peserta didik, dan masyarakat pada umumnya, sehingga dia akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan dan mencapai sasaran KTSP SD Negeri Cikumpa , Kota Depok .

6.        Sekolah dapat melakukan  peneningkatan mutu pendidikan melalui upaya-upaya inovatif dengan dukungan orangtua, peserta didik, masyarakat, dan pemerintah daerah setempat.

7.        Sekolah dapat secara cepat merespon aspirasi masyarakat dan lingkungan yang berubah dengan cepat, serta mengakomodasinya dalam KTSP SD Negeri Cikumpa, Kota Depok.

Baca juga:  Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif di Sekolah

Selanjutnya silahkan Klik Kembali <Back> untuk menuju Label Curriculum (Kurikulum) dan “Klik Sitemap” pada bilah atas yang sudah disediakan semoga menemukan apa yang anda cari dari situs Abah Opar and terima kasih sudah berkunjung "good luck"
     

Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments