Search here

4 Sep 2017

Muatan Kurikulum Seni dan Sastra Sunda


Seni dan Sastra Sunda
Tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Sunda SD Negeri Wilayah Perbatasan Katagori C atau D secara umum agar peserta didik mencapai tujuan-tujuan berikut.

1.      Peserta didik menyenangi pengalamannya berbahasa Sunda baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.
2.      Peserta didik memahami dan mampu menggunakan bahasa Sunda dalam berbagai konteks komunikasi untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosi, dan kematangan sosial.
3.      Peserta didik menghargai bahasa Sunda sebagai bagian dari warisan kebudayaan masyarakat Sunda dan bagian dari kekayaan kebudayaan nasional.
4.      Peserta didik mampu menghargai, membanggakan, menikmati, dan memanfaatkan karya sastra Sunda untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan, dan memahami budaya serta intelektualitas manusia Sunda.

Tabel:  Daftar Tema dan Alokasi Waktunya Pada Kelas IV-V dan VI


KELAS IV KELAS V KELAS VI
TEMA WAKTU TEMA WAKTU TEMA WAKTU
1. Indahnya Ke­bersamaan 4 Minggu 1. Bermain dengan Ben­da-benda di sekitar 4 Minggu 1. Selamatkan makhluk hidup 4 Minggu
2. Selalu Berhe­mat Energi 4 Minggu 2. Peristiwa dalam Ke­hidupan 8 Minggu 2. Persatuan dalam per­bedaan 4 Minggu
a. Perisitwa yang Menyenangkan, Menyedihkan, dan Berkesan.
b. Peristiwa Ben­cana Aalam
3. Peduli terha­dap Makhluk Hidup 4 Minggu 3. Hidup Rukun 4 Minggu 3. Tokoh dan Pen­emu 4 Minggu
4. Berbagai Pekerjaan 4 Minggu 4. Sehat itu Penting 4 Minggu 4. Globalisasi 4 Minggu
5. Menghargai Jasa Pahlawan 4 Minggu 5. Bangga sebagai Bang­sa Indonesia 4 Minggu 5. Wirausaha 4 Minggu
6. Indahnya Negeriku 4 Minggu 6. Menjaga Kelestarian Lingkungan 4 Minggu 6. Kesehatan masyarakat 4 Minggu
7. Cita-citaku 4 Minggu 7. Makanan Sehat dan Bergizi 4 Minggu
8. Daerah Tem­pat Tinggalku 4 Minggu


Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.


Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu "Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan kompetensi sikap sosial, yaitu "Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.


Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.


Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut:



Kompetensi Seni dan Sastra Sunda
Kelas IV

Tema Kelas IV KI 3 KI 4
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah, sekolah. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
TEMA KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1. Indahnya kebersama­an 3.1 Mengidentifikasi isi percakapan tentang indahnya kebersamaan (Tema 1) 4.1 Memeragakan percakapan tentang Indahnya kebersamaan (Tema1)
2. Selalu Berhemat Energi 3.2 Memahami teks argumentasi sederhana tentang selalu berhemat energi. (Tema 2) 4.2 Menceritakan isi teks argumentasi sederhana tentang selalu berhemat energi. (Tema2)
3. Peduli terhadap Makhluk Hidup 3.3 Memahami teks percakapan tentang peduli terhadap sesama mahluk hidup. (Tema 3) 4.3 Memeragakan percakapan tentang peduli terhadap sesame mahluk hidup dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. (Tema 3)
4. Berbagai Pekerjaan 3.4 Memahami teks deskripsi sederhana tentang berbagai pekerjaan (gambar berbagai jenis pekerjaan). (Tema 4) 4.4 Menyusun karangan pendek berdasarkan gambar tentang berbagai jenis pekerjaan dengan menggunakan ejaan yang tepat. (Tema 4)
5. Menghargai Jasa Pahlawan 3.5 Memahami teks narasi sederhana tentang menghargai jasa pahlawan dari daerah Sunda. (Tema 5) 4.5 Menceritakan isi teks narasi sajak tentang menghargai jasa pahlawan dari Sunda secara lisan. (Tema 5)
6. Indahnya Negeriku 3.6 Memahami teks sajak tentang indahnya negeriku. (Tema 6) 4.6 Membaca teks sajak tentang indahnya negeriku dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. (Tema 6)
7. Cita-citaku 3.7 Memahami teks kawih tentang cita-citaku. (Tema 7) 4.7 Melantunkan kawih
tentang cita-citaku. (Tema 7)
8. Daerah Tempat Tinggalku 3.8 Memahami teks percakapan tentang daerah tempat tinggalku. (Tema 8) 4.8 Memeragakan percakapan daerah tempat tinggalku dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. (Tema 8)
TEMA KELAS V KI 3 KI 4
3. Memahami pengetahuan faktualdan konseptualdengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpai di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. 4. Menyajikan pengetahuan faktualdan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
TEMA KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
Bermain dengan Benda-benda di sekitar 3.1 Memahamiteks deskripsi tentang kaulinan barudak yang menggunakan benda di sekitar. (Tema 1) 4.1 Memeragakan kaulinan barudak yang menggunakan benda di sekitar. (Tema1)
Peristiwa dalam Kehidupan 3.2 Memahami teks narasi tentang peristiwa dalam kehidupan (peristiwa yang menyenangan, menyedihkan, berkesan). (Tema 2a) 4.2 Membuat ringkasan dari teks narasi tentang peristiwa dalam kehidupan. (Tema 2a)
3.2b Memahami teks carpon tentang peristiwa alam (bencana/ musibah) dengan membaca di dalam hati, mengidentifikasi kosa kata dan bertanya jawab. (Tema 2b) 4.2b Menceritakan kembali isi carpon berdasarkan kata-kata sendiri dengan kalimat yang baik dan santun. (Tema 2b)
3. Hidup Rukun 3.3 Memahami isi teks guguritan tentang hidup rukun. (Tema 3) 4.3 Menembangkan dan menceritakan isi guguritan tantang hidup rukun. (Tema 3)
4. Sehat itu Penting 3.4 Memahami isi teks percakapan tentang sehat itu penting. (Tema 4) 4.4 Memeragakan dan menceritakan isi percakapan tentang sehat itu penting. (Tema 4)
5. Bangga sebagai Bangsa Indonesia 3.5 Memahami teks kawih tentang bangga sebagai bangsa Indonesia. (Tema 5) 4.5 Melantunkan dan menceritakan isi kawih tentang bangga sebagai bangsa Indonesia. (Tema 5)
6. Menjaga Kelestarian Lingkungan 3.6 Memahami teks sajak tentang menjaga kelestarian lingkungan melalui membaca nyaring dan membaca dalam hati. (Tema 6) 4.6 Membacakan sajak tentang menjaga kelestarian lingkungan dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. (Tema 6)
Makanan Sehat dan Bergizi 3.7 Memahami teks eksposisi sederhana tentang makanan sehat dan bergizi (makanan tradisional Sunda. (Tema 7) 4.7 Menyajikan teks eksposisi sederhana tentang makanan sehat dan bergizi (makanan tradisional Sunda) baik secara lisan maupun tulis. (Tema 7)
TEMA KELAS VI KI 3 KI 4
3. Memahami pengetahuan factual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpai di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. 4. Menyajikan pengetahuan factual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
TEMA KD KD Review
1. Selamatkan Makhluk Hidup 3.1 Memahami teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk. (Tema 1) 4.1 Menceritakan isi teks carpon tentang penyelamatan mahluk. (Tema 1)
2. Persatuan dalam Perbedaan 3.2 Memahami teks argumentasi tentang persatuan dalam perbedaan (melalui kegiatan mengamati gambar dan tayangan video). (Tema 2) 4.2 Menyajikan isi teks argumentasi tentang persatuan dalam perbedaan. (Tema 2)
3. Tokoh dan Penemu 3.3 Memahami bagian teks biografi tokoh Sunda sebagai teladan dan kebanggaan (seperti Mochtar Kusumaatmaja, Ajip Rosidi, Prof. Ganjar Kurnia, jrre). (Tema 3) 4.3 Menceritakan kembali isi bagian teks biografi tokohSunda. (Tema 3)
4. Globalisasi 3.4 Memahami teks deskripsi tentang globalisasi. (Tema 4) 4.4 Menceritakan kembali isi teks tentang globalisasi. (Tema 4)
5. Wirausaha 3.5 Memahami teks wawancara tentang wirausaha. (Tema 5) 4.5 Menyajikan teks laporan hasil wawancara tentang wirausaha. (Tema 5)
6. Kesehatan Masyarakat 3.6 Mengamati teks pidato tentang kesehatan masyarakat. (Tema 6) 4.6 Membacakan teks pidato tentang kesehatan masyarakat dengan suara nyaring. (Tema 6)

Buku Basa Sunda Kelas I





    Bagi saudaraku yang mau mengenal tentang pantun atau akan membuat pantun link berikut ini bisa membantu silahkan kunjungi tentang Pengertian DanContoh Macam-Macam Pantun
   
   Juga bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan model-model pembelajaran untuk perbendaharaan knowledge kita bisa lihat di sini salah satu contohnya Model Pembelajaran Round Club dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat. 

       Post by: Opar Suparma, M.Si.


<Back> 

Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments