Search here

27 Jun 2017

Pendidikan Nilai Budi Pekerti

Nilai Budi Pekerti 

Mengapa nilai budi pekerti sangat penting dalam perkembangan peserta didik, sikap apa saja yang dikatagorikan sebagai nilai budi pekerti, nah berikut ini Abah Opar akan menulis nilai-nilai budi pekerti yang harus dimiliki peserta didik sebagai acuan dalam pembelajaran.

1.     Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa (Tuhan Y.M.E.) & menta'ati ajaran-Nya yaitu sikap dan perilaku yang mencerminkan keyakinan dan kepercayaan terhadap Tuhan Y.M.E.

2.     Menta'ati ajaran agama Yaitu sikap dan perilaku yang mencerminkan kepatuhan, tidak ingkar, dan taat menjalankan perintah dan menghindari larangan agama.

3.     Memiliki dan mengembangkan sikap toleransi Yaitu sikap dan perilaku yang mencerminkan toleransi dan penghargaan terhadap pendapat, gagasan, tingkah laku orang lain, baik yang sependapat maupun yang tidak sependapat dengan dirinya.

4.     Menumbuhkan kejujuran Yaitu sikap dan perilaku untuk bertindak dengan sesungguhnya dan apa adanya, tidak sombong, tidak dibuat-buat, tidak ditambah atau tidak dikurangi, dan tidak menyembunyikan informasi.

5.     Tumbuhnya disiplin diri Yaitu sikap dan perilaku sebagai cerminan dari ketaatan kepatuhan, ketertiban, kesetiaan, ketelitian, dan keteraturan perilaku seseorang terhadap norma dan aturan yang berlaku.

6.     Memiliki rasa malu Yaitu sikap dan perilaku yang menunjukan tidak enak hati, hina, rendah karena berbuat sesuatu yang tidak sesuai dengan hati nurani, norma dan aturan.

7.     Memiliki rasa tanggungjawab Yaitu sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya ia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat lingkungan (alam sosial) negara dan Tuhan Y.M.E.

8.     Memiliki rasa keterbukaan Yaitu sikap dan perilaku seseorang yang mencerminkan adanya keterusterangan terhadap apa yang dipikirkan, diinginkan, diketahui dan kesediaan menerima saran serta kritik orang lain.

9.     Mampu mengendalikan diri Yaitu kemampuan seseorang untuk dapat mengatur dirinya sendiri berkenaan dengan kemampuan, nafsu, ambisi, keinginan, dalam memenuhi rasa kepuasan dan kebutuhan hidupnya.

10. Mampu berfikir positif Adalah sikap & perilaku seseorang untuk dapat berfikir jernih, tidak buruk sangka, mendahulukan sisi positif dari suatu masalah.

11. Mengembangkan potensi diri Yaitu sikap dan perilaku seseorang untuk dapat membuat keputusan sesuai dengan kemampuannya, mengenal bakat, minat, dan prestasi serta sadar akan keunikan dirinya sehingga dapat mewujudkan potensi dirinya sebenarnya.

12. Menumbuhkan cinta kasih sayang Yaitu sikap dan perilaku seseorang yang mencerminkan adanya unsur memberi perhatian, per-lindungan dan penghormatan, tanggung jawab dan pengorbanan terhadap orang yang dicintai dan dikasihi.

13. Memiliki kebersamaan dan gotong royong Yaitu sikap dan perilaku seseorang yang mencerminkan adanya kesadaran dan kemauan untuk bersama-sama, saling membantu, dan saling memberi tanpa pamrih.

14. Memiliki rasa kesetiakawanan Yaitu sikap dan perilaku seseorang yang mencerminkan kepedulian kepada orang orang lain, keteguhan hati, rasa setia kawan, dan rasa cinta terhadap orang lain dalam kelompok.

15. Saling menghormati Yaitu sikap dan perilaku untuk menghargai dalam hubungan antar individu dan kelompok berdasarkan norma dan tatacara yang berlaku.

16. Memiliki tata krama dan sopan santun Yaitu sikap dan perilaku sopan santun dalam bertindak dan bertutur kata terhadap orang tanpa menyinggung, menyakiti serta menghargai tata cara yang berlaku sesuai dengan norma budaya dan adat istiadat.

17. Mengembangkan etos kerja /belajar Yaitu sikap dan perilaku sebagai pencerminan dari semangat, kecintaan, kedisiplinan, kepatuhan/loyalitas, dan penerimaan terhadap kemajuan hasil kerja /belajar

18. Memiliki rasa menghargai diri sendiri Yaitu sikap dan perilaku yang mencerminkan penghargaan seseorang terhadap dirinya sendiri, dengan memahami kelebihan dan kekurangan dirinya.


Nilai budi pekerti diatas merupakan nilai minimal budi pekerti yang ditetapkan secara nasional. Untuk menentukan muatan kurikulum pendidikan budi pekerti, pemerintah daerah atau dinas setempat memungkinkan untuk mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan serta situasi dan kondisi setempat, termasuk untuk tingkat sekolah dasar.


Related Post :
·         Aku dan Kejayaan Akhir Jaman

Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments